Kamis, 22 Mei 2008

Email "ETP" dari RIM

Masalah muncul saat handset BlackBerry menerima pesan dari RIM setiap 1 jam, 30 menit bahkan beberapa kasus setiap 5 menit. Berikut kutipan email yang lumayan mengganggu tersebut :


"From: etp@etp3001.etp.ap.blackberry.net
Date: Tue, 20 May 2008 06:08:33
To:alternative@cbn.net.id


Subject: RIM_bca28a80-e9c0-11d1-87fe-00600811c6a2



This message is used to carry data between the BlackBerry handheld and an associated server. Please do not delete, move or respond to this message - it will be processed by the server.BEGINETP 281AesrOCcAAAAAIBAIMjUyYzA4ZTYgFmFsdGVybmF0aXZlQGNibi5uZXQuaWQANRd8oFAFQ01JTUUDQICAgIFaAAAwQjcwMkQ0NDYrRysxAKwFFUDeoWdGp9gU/WolKIQAGVJSqM1/omFcKHrceoKB6SoXk26XMFofPz2KI6VCe6Pb9jlR/eU/NM277AmPQoUrEfxlbF/mY3Q3tF9stktI5iRvS7uPE4EIU29FiBq5HkGr6RRhPxEA+wKpuri05ckaRNs7FONTmqvCQSl0KFsYl3WXckIqH5xYY+gGlw3utK3kTLCj1vCQsQ49uYPQKm+yXt/lfVE44ggHBL5now5TpAfSnTP6K3QZoXpV8AoYtzVLtyWN32shBK8!ENDETP 234336778"



Kemungkinan masalah ini disebabkan :


1. Menginstall fitur re-director di PC atau sinkronisasi antara handset dan PC sehingga terinstall fitur redirector ini. Ini muncul saat user menginstall Desktop Manager ke PC dan memasukkan fitur Redirector antara handset dan PC. Redirector berfungsi baik hanya di Ms. Exchange. Namun fitur ini terkadang tidak terlalu diperlukan

2. Melakukan Syncronisasi Automatic dg PC / Laptop yg dipasang email account office. Contoh Oulook ataupun Notes.
Sehingga menyebabkan handset BlackBerry menambahkan Service Books [DESKTOP]



Solusi :

1. Un-install Desktop Manager di PC, ganti dengan install ulang tanpa menambahkan fitur Redirector Message.

(--jika sampai langkah ini sudah tidak muncul masalah lagi, maka tdk perlu sampai langkah ke -3)

2. Coba login ke http://indosat.blackberry.com/ , lalu Send Service Books.
atau

3. Hapus Service Books yang ada di handset, Menu > Options > Advanced Options > Service Books. (Perhatian : hanya Service Books bertulisan awal Desktop saja yg dihapus)







Setelah terhapus semua Service Books yg berawalan Desktop, lalu login ke http://indosat.blackberry.com/ send Service Books ulang.

4. Matikan fitur "auto sync when your device is connected to BlackBerry Desktop Manager"

Setelah handset BlackBerry berhasil menerima Service Books, maka dipastikan handset telah normal lagi. Sehingga tidak menerima email berkala dari RIM seperti sebelumnya.




(* jika masalah ini muncul di account BES, perlu dilakukan Enterprise Activation ulang)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Dear Team Support BB,

Saya mengalami masalah ini pada e-mail kantor saya, saya sudah melakukan semua petunjuk yang di berikan tapi tidak berhasil, sampai pada titik akhir saya sudah menon-aktifkan layanan BB dan saya sudah tidak menggunakan BIS dari indosat, akan tetapi e-mail ini masih saja muncul.Saya mohon bantuan untuk dapat mengatasi masalah ini. (saya sudah berkoordinasi dengan team IT kantor, akan tetapi mereka tetep tidak dapat menyelesaikan masalah ini)
terima kasih

team support bb (written by muhayusuf) mengatakan...

Dear Ibnu, problem tersebut bukan dari operator. namun dikarenakan gagalnya Syncronise email kantor anda dari BlackBerry ke mail server. Mohon untuk dikonsultasikan dengan IT Mail di kantor anda