Rabu, 23 April 2008

Blackberry Sebagai Modem

Blackberry Sebagai Modem di Windows XP / VISTA


Handset Blackberry anda ternyata dapat digunakan sebagai modem untuk koneksi ke internet.
Caranya adalah sebagai berikut:
1. Pastikan Desktop Manager anda telah terinstall minimal versi 4. Cara mengecek versi desktop
manager anda adalah sebagai berikut buka desktop manager – Help – General..



2. Hubungkan BlackBerry handset dengan PC/Laptop menggunakan USB kabel. Kemudian buka
Desktop Manager anda dari PC/laptop. Penggunaan BlackBerry sebagai modem hanya
berjalan apabila desktop manager dijalankan
3. Pastikan Modem Driver berfungsi. Dari PC/laptop, klik Setting - Control panel - Phone and
Modems Options. Pada Tab Modem , akan terlihat Standard Modem baru pada port yang baru
(misalnya COM3, COM6 atau COM 11).


Kemudian klik Properties - Diagnostics - Query Modem lalu
akan terlihat seperti salah satu dibawah ini :
ATQ0V1E0 - OK
AT+GMM - BlackBerry IPmodem
AT+FCLASS=? - OK
AT#CLS=? - OK
AT+GCI? - OK
AT+GCI=? - OK
ATI1 - Research In Motion / BlackBerry IPmodem
ATI2 - Research In Motion / BlackBerry IPmodem
ATI3 - Research In Motion / BlackBerry IPmodem
ATI4 - Research In Motion / BlackBerry IPmodem
ATI5 - Research In Motion / BlackBerry IPmodem
ATI6 - Research In Motion / BlackBerry IPmodem

kemudian klik Properties - Advanced dan tambahkan Extra Initialization sbb:
AT+cgdcont=1,"IP","indosatgprs"


ADD A NEW INTERNET CONNECTION
Tutup Phone and Modem Options serta Control Panel. Buat koneksi baru dengan cara sebagai
berikut :
1. Klik Start - Connect To - Show all connections - Create a new connection - Next
2. Pilih "Connect To The Internet" - Next
3. Pilih "Set up my connection manually" - Next
4. Pilih "Connect using a dial-up modem" - Next.

5. Cek mark pada Standard Modem ( jika ditanyakan ).
6. Beri nama koneksi tersebut dengan nama seperti "BlackBerry Modem", klik Next.
7. Pada layar berikutnya pilih nomor telephone berikut, tergantung dari masing2 kartu yg
digunakan. Jika anda menggunakan GSM : masukkan no phone *99***1# atau *99#
8. Klik Next. Kosongkan User name dan password
9. Klik Finish.
Kemudian silahkan coba Browsing ke Internet menggunakan koneksi yang baru dibuat diatas




Referensi : http://www.blackberry.com/btsc/search.do?cmd=displayKC&docType=kc&externalId=KB05196&sliceId=SAL_Public&dialogID=1114305&stateId=1%200%201132277






31 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih atas tips and triksnya..saya jadi bisa konek pake blackberry sebagai modem.. thank

http://expertcomputing.blogspot.com/

wayan (HRT) mengatakan...

SAYA SAMPAI SAAT INI MASIH BELUM BERHASIL MEMANFAATKAN BLACKBERRY SEBAGAI MODEM, SAYA PENGGUNA KARTU HALO TELKOMSEL MENCOBA MENGHUBUNGKAN BB KE LAPTOP DENGAN OS VISTA, MOHON DIBANTU. . . !!

lifeofroot mengatakan...

saia pengguna kartu halo telkomsel..apakah menggunakan BB sebagai modem akan membebankan extra charge gprs?thx..

Unknown mengatakan...

saya memakai halo telkomsel. ketika saya coba koq tidak berhasil?username n password dikosongkan?ketika connect setelah verifikasi username n password connectingnya failed. terus extrasringnya meskipun telkomsel pake indosat gprs?kemudian pertanyaan berikutnya sama seperti sebelumnya kena tambahan biaya lagi tha?kalo bb dijadikan modem?thanks

Ruddy Awaluddin mengatakan...

Saya pengguna Windows Vista, dan saya sudah mencoba langkah - langkahnya tapi pada saat mau memasukan IP number di extra intialization commands tidak dapat di edit, dengan pesan "exposure of sensitive information in the modem log" setelah saya perhatikan pada diagnostics ada command AT#CLS=? COMMAND NOT SUPPORTED

Mohon solusinya dari bapak ..tks

Yudi mengatakan...

Apakah jalan di semua model handset Bb?

Unknown mengatakan...

jika di laptop kita ada modem internal apakah harus di uninstal terlebih dahulu?

dRie Zonlicht mengatakan...

Makasih Mas....waduh...akhirnya....hahaha ^_^ setelah sekian lama mecoba akhirnya bisa juga thx thx thx....

Xebastian mengatakan...

Mas, mau tanya nih... saya sudah berhasil connect pake BB.
Trus gimana untuk biaya-nya ya? Itu kepotong dari biaya langganan BB kita apa biaya GPRS standard lagi ya? Mohon penjelasannya. Makasih...

em's mengatakan...

koneksinya gmna cepagt tidak ? thks

Unknown mengatakan...

Pak,,saya sudah install aplkasi nya,,tp kenapa pada saat saya colok kabel usb dr pc ke bb,,hp bb saya malah mati..
Mhn bantuan..tks...

Unknown mengatakan...

BB klo dijadikan modem awet ga yach?

thank

BLOG Hesti mengatakan...

mas aku punya BB Tour bisa dipakai utk mudem apa gak ? gimana cara settingnya?..thank..mas

Unknown mengatakan...

"Penggunaan BlackBerry sebagai modem hanya
berjalan apabila desktop manager dijalankan"

Yang harus dijalankan itu blackberry device manager. kalau desktop manager gak perlu dijalankan.

all bali villas mengatakan...

Yang jelas hati2 menggunakan blackberry sebagai modem. Koneksi yang digunakan adalah GPRS anda. Pemakaian beberapa menit saja sudah memakan pulsa Rp. 7.000 an.

Pengalaman saya dengan menggunakan bold 9000 sebagai modem cukup mudah. setting dan install langsung jalan dengan desktop manager versi 5.
Bold masih konek ke internet dengan koneksi BIS dan laptop konek dengan GPRS. Kedua2nya akhirnya ngabisin pulsa.

Saran saya, mending jangan digunakan sebagai modem kecuali dalam kondisi yang darurat banget.'

cheers ..

Taktik Store Global mengatakan...

Menggunakan BB sebagai modem ada cara dan aturannya, jika pulsa anda habis artinya anda tidak berada di area paket internet.
saya sangat menyarankan agar anda menggunakan paket internet baik itu GSM atau CDMA anda terlebih dahulu, untuk mengatasi masalah pulsa habis.

Unknown mengatakan...

Saya menggunakan BB Storm dgn provider dari XL. Dihubungkan dengan Mac, caranya sangat mudah dan cepat.

Tapi, hati-hati dengan tagihan / pulsa anda, karena jika BB digunakan sebagai modem (Modem Mode Enable) akan jalan sebagai koneksi GPRS biasa, yang mana tetap mengambil pulsa anda. Jadi tidak menggunakan fasilitas browsing BIS.

Semoga berguna

Unknown mengatakan...

mau tanya dikit sj nih, kalo misal saya terdaftar sbg pelanggan layanan BB unlimited melalui provider tertentu, apakah yg akan terjadi bila BB ini saya jadikan modem? apakah gratis krn ada paket BB unimited atau dipotong dari pulsa saya??

mohon pencerahan...

Novian-PH mengatakan...

Pake blackberry desktop software ver. 6.0.0.43 keatas. sambungkan BB dengan kabel usb, tekan tools, tekan start mobile internet.... langsung surfing deh....

Don't just running mengatakan...

HELP ME PLEASE GANNN...

ANE PAKE blackberry torch 9800, GMN CARA JADIIN SEBAGAI MODEM DI PC DENGAN SO WINDOWS 7 GAN? DOWNLOAD DRIVER MODEM UNTUK blackberry torch 9800 DMN YA GAN? AND SETTING NYA GA GAN GMN DI PC DENGAN SO WINDOWS 7?

MOHON BANTUAN NYA YA GAN

Don't just running mengatakan...

HELP ME PLEASE GANNN...

ANE PAKE blackberry torch 9800, GMN CARA JADIIN SEBAGAI MODEM DI PC DENGAN SO WINDOWS 7 GAN? DOWNLOAD DRIVER MODEM UNTUK blackberry torch 9800 DMN YA GAN? AND SETTING NYA GA GAN GMN DI PC DENGAN SO WINDOWS 7?

MOHON BANTUAN NYA YA GAN

Don't just running mengatakan...

HELP ME PLEASE GANNN...

ANE PAKE blackberry torch 9800, GMN CARA JADIIN SEBAGAI MODEM DI PC DENGAN SO WINDOWS 7 GAN? DOWNLOAD DRIVER MODEM UNTUK blackberry torch 9800 DMN YA GAN? AND SETTING NYA GA GAN GMN DI PC DENGAN SO WINDOWS 7?

MOHON BANTUAN NYA YA GAN
makasih sebelumnya gan

Don't just running mengatakan...

HELP ME PLEASE GANNN...

ANE PAKE blackberry torch 9800, GMN CARA JADIIN SEBAGAI MODEM DI PC DENGAN SO WINDOWS 7 GAN? DOWNLOAD DRIVER MODEM UNTUK blackberry torch 9800 DMN YA GAN? AND SETTING NYA GA GAN GMN DI PC DENGAN SO WINDOWS 7?

MOHON BANTUAN NYA YA GAN, TERIMAKSIH SEBELUMNYA GAN

qodarull mengatakan...

Download BlackBerry Desktop Manager dimana?

VERNATECH mengatakan...

Saya sempat trouble dgn BB connect ke os vista. Barusan donlot file namanya blackberry desktop software v.6 dan sukses dijalankan. Sblm dijalankan softwarenya dibuat jd compability model for win xp sp 2 dulu-restart computer baru dipake. Tapi ampun mahalnya karna koneksinya pk gprs biasa. Adakah yg tau cara konek tp pake paketan bb bulanan? Thx

Vita Masli mengatakan...

selama ini gak pernah ada masalah dgn pulsa yah.. hanya saja yg sy khawatirkan, apakah BB sy gak akan bermasalah jika sering di jadikan modem?thx

cillasmartcorp mengatakan...

thanks infonya boss...

Said Rahman mengatakan...

Alhamdulillah
Berhasil gan. Ini ane pos komentar pake koneksi Esia dari BB sebagai modem

Unknown mengatakan...

Gan bagaimana tarif GPRS nya entar abis Pulsa anE



Tolonh dibantu ya Gan?

jun mengatakan...

Rekomendasi harga hp yang murah hp apa ya? saya lagi cari harga hp blackberry. T_T terimakasih

Ahmad Farhan mengatakan...

Bagus nih Manyaw Blog