Selasa, 08 Maret 2011

Backup Aplikasi BlackBerry

Terkadang kita ingin melakukan upgrade OS BB (entah itu source dari official ataupun dari yang leaked). Namun selain lakukan backup data, kita bisa mengamankan aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall di BlackBerry (BB) agar sewaktu-waktu kita butuhkan tinggal dilakukan restore saja. Sama seperti restore data.

Fitur yang ada di aplikasi Desktop Manager mampu menangangi hal tersebut. Kita cukup install aplikasi-nya dari CD bawaan pembelian BB. Berikut langkahnya setelah kita install.

Klik Device à Switch devices

Pilih dan hanya centang Third Party Applications, kemudian klik Next

Maka akan dilakukan proses Backup aplikasi

Untuk melihat hasil backup aplikasi BB diatas cukup buka Windows Explorer dengan Address : C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp\PIN_BB

Copy mentah-mentah folder PIN_BB tersebut ke folder lain. Misal di My Documents

Kembali ke aplikasi Desktop Manager, jika muncul tampilan untuk colokkan device baru untuk direstore, pilih Cancel. Karena langkah kita hanya untuk membackup aplikasi saja.

Untuk restore aplikasinya tinggal lakukan import files dari menu Applications à Import Files kemudian arahkan ke folder PIN_BB di My Documents pilih PIN_BB.alx. klik Apply maka proses restore akan berjalan.

Tidak ada komentar: